Jelajah Malang

Seru-seruan jelajahi Malang dengan berjalan kaki

Mendongeng Bareng Ayah Dalam Rangka Hari Dongeng Nasional Bersama Payung Literasi Malang

Hari ayah nasional

Seneng banget hari Minggu tanggal 3 Desember 2023 kemarin Jelajah Malang bisa turut serta dalam acara mendongeng bersama ayah yang diselenggarakan oleh komunitas Payung Literasi Malang. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ayah Nasional (12 November)  dan Hari Dongeng Nasional (29 November 2023).

Mengusung tema “Ayahku Pahlawan Hebat Keluargaku”, diharapkan dengan adanya acara ini mampu membangun kedekatan (bonding) ayah, ibu dan anak, mendukung perkembangan sensorik dan kognitif anak, membantu menanamkan nilai dan pengembangan moral, serta menumbuhkan kreatifitas dan imajinasi anak.

Acara dilaksanakan di 2 lokasi yaitu Taman Keluarga Merbabu (Merbabu Family Park) yang terletak di jalan Merbabu dan Nutrihub Malang yang terletak di Jalan Ijen 91B.

Yuk ikuti keseruan Event Hari Ayah Bareng Payung Literasi Malang

Permainan Mencari Harta Karun Pahlawan

Acara pertama dilaksanakan di Taman Keluarga Merbabu pada pukul 07.30 WIB. Permainan mencari harta karun pahlawan ini dipandu oleh Kak Dyah dan teman-teman dari komunitas The Meaning Full.

Hari dongeng nasional

Dalam permainan kali ini peserta diminta untuk mencari harta karun berupa lembaran kertas berwarna. Eistt nggak sembarangan warna lho yang bisa diambil. Kertas yang diambil harus sesuai dengan warna yang ditentukan.

Kertas-kertas ini merupakan rangkaian puzzle yang nantinya harus disusun bareng sama orang tua. Susunan puzzle ini merupakan foto pahlawan nasional Indonesia. Nantinya setelah disusun peserta diminta untuk menebak nama pahlawan tersebut.

Manfaat Permainan Mencari Harta Karun

  • Mengasah motorik kasar dan halus pada anak
  • Meningkatkan atensi atau fokus anak
  • Belajar bekerja sama dan menyelesaikan tugas / problem solving

Mendengarkan Dongeng Dari Kak Ale

Jelajah malang

Rangkaian acara selanjutnya adalah mendengarkan dongeng dari Kak Ale yang bertempat di Nutrihub Malang. Sebelum memulai mendongeng peserta bernyanyi dan melukis bersama dibantu dengan orang tua masing-masing.

Acara mendongeng dimulai pada pukul 09.00 WIB, anak-anak sudah duduk rapi siap mendengarkan dongeng dari Kak Ale. Dongeng dimulai dari kisah Alif yang diminta untuk memakai baju Super Hero ke sekolah oleh gurunya. Dan dia memilih memakai baju kerja ayahnya karena baginya ayahnya adalah seorang super hero.

Acara berlangsung sangat meriah, anak-anak terlihat sangat gembira. Nampak dari tawa mereka saat mendengarkan dongeng dan sulap dari Kak Ale. Kegiatan mendongeng juga diselingi dengan penampilan spontan dari anak-anak. Ada yang bernyanyi, ada yang mengaji ada juga yang hafalan surat pendek.

Di tengah acara, Kak Ale mengeluarkan sahabat kecilnya yaitu Cici boneka berkerudung biru yang pandai banget melucu. Sebelum mulai bercerita dengan Cici, Kak Ale menjelaskan kepada anak-anak bahwa Cici ini adalah boneka bukan mahkluk hidup. Anak-anak terlihat senang dengan kehadiran Cici.

Tak terasa acara mendongeng pun telah berlangsung selama satu jam lamanya. Dan waktunya untuk ditutup.

Manfaat mendongeng untuk anak

Ternyata tak hanya berfungsi sebagai hiburan anak saja lho, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mendengarkan dongeng. Apa saja itu?

  1. Meletih perkembangan kognitif.
  2. Menambah kosa kata baru anak.
  3. Meningkatkan Imajinasi anak
  4. Membuka wawasan baru
  5. Mengajarkan kecerdasan sosial dan emosional anak.
  6. Mempererat hubungan antara anak dan orang tua.

Nah itu tadi keseruan acara mendongeng bareng ayah bersama komunitas Payung Literasi Malang.

Hari ayah nasional

Ditunggu event-event seru lainnya ya teman-teman Payung Literasi Malang!!!

 

 


1 komentar:

  1. Acara yang keren
    Semoga semakin banyak anak2 yang mencintai dan mengidolakan Ayahnya.
    Dan semoga makin banyak Ayah yang sukses berkah untuk keluarga nya

    BalasHapus

Our Teams

Follow Us

Our Review