Jelajah Malang

Seru-seruan jelajahi Malang dengan berjalan kaki

Depot Hok Lay, Pangsit Cwimie Legendaris Malang Sejak 1946

Kuliner legendaris malang

Bila kalian sedang berjalan-jalan di sekitaran Pasar Besar Malang, jangan lupa untuk mampir ke Depot Hok Lay. Depot yang berada sekitar 300m dari Pasar Besar Malang ini patut banget kalian kunjungi karena menyajikan makanan khas Malang dengan cita rasa legendaris.

Berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan No 10 Sukoharjo, Klojen, Depot yang sudah berumur 77 tahun di tahun 2023 ini masih tetap mempertahankan cita rasa asli sejak pertama kalai depot ini dibuka. Nggak cuma itu, bangunan dan tata letak meja kusirnya juga tidak berubah lho!!

Sejarah Depot Hok Lay

Ketika melihat menu yang disajikan sudah bisa ditebak jika depot ini didirikan oleh seorang keturunan Tionghoa, yaitu Nj Dj Tio Hoo Poo. Depot ini dibangun di atas lahan seluas 300 meter persegi. Sedangkan luas bangunannya sendiri seluas 32 meter persegi.

Nama Hok Lay sendiri diambil dari Bahasa hokkien yang berarti “Rezeki”. Sesuai dengan Namanya depot ini masih awet membawa rezeki bagi pemiliknya.

Depot hok lay
Interior dalam Depot Hok Lay

Mampu menampung hingga 30 orang pelanggan, dulunya depot ini merupakan tempat berkumpulnya para pemuda. Dan menariknya, Bambang Surya Widjaja pemiliknya saat ini masih mempertahankan bangunan asli depot.

Mulai dari lantai, pintu, jendela, meja dan kursi makan, hingga perabotan kasir masih dijaga keauthentikannya. Mungkin hanya mengalami perbaikan di beberapa tempat, seperti atap atau dindingnya (melakukan cat ulang).

Menu Legendaris

Ada banyak menu yang disajikan, namun berikut menu-menu legendarisnya yang wajib banget kalian cobain.

Pangsit Cwimie

Kuliner legendaris malang
Pangsit Cwimie

Depot yang berdiri sejak tahun 1946 ini terkenal dengan menu legendarisnya yaitu Pangsit Cwimie Malang. Pangsit Cwimie merupakan makanan khas Malang yang berbahan dasar mie dengan toping daging ayam yang direbus dan dicincang halus.

Sama-sama bertoping daging ayam di atasnya, namun Cwimie berbeda dengan mie ayam. Berasal dari kata Cwie yang berarti kecil, mie yang digunakan untuk Cwimie berbentuk kecil, gepeng dan tipis. Dalam penyajiannya dilengkapi dengan daun selada dan krupuk pangsit juga tak lupa taburan bawang goreng dan daun bawang.

Pangsit Cwimie disajikan bersamaan dengan kuah kaldu yang ditaburi daun bawang. Agar lebih sedap lagi kalian bisa menambahkan acar dari mentimun dengan campuran cuka. Dan yang nggak boleh ketinggalan yaitu Lombok pangsit yaitu cabai hijau yang direbus hingga setengah matang.

Susu Fosco

Depot hok lay
Susu Fosco

Nama Fosco berasal dari Bahasa latin yang berarti gelap, mengaitkan dengan warna minuman yang coklat. Minuman ini hanya bisa kalian temui di Depot Hok Lay lho! Di kemas dalam botol kaca Coca Cola berukuran 193ml. Minuman legendaris ini merupakan susu sapi rasa coklat dengan rasa yang sedikit asin.

Resep susu fosco masih sama seperti pertama kali minuman ini dibuat. Susu sapinya diambil dari Kota Batu lalu ditambahi dengan cokelat dan gula secukupnya.

Lumpia Semarang

Kok bisa ada menu Kota Semarang di sini? Menurut cerita pemiliknya sekarang Bambang Widjaja, lumpia Semarang ini dijual di sini itu karena  dulu kakeknya berasal dari Semarang. Ketika pindah ke Kota Malang, sang kakek berusaha memproduksi lumpia dan menyesuaikan resepnya agar bisa diterima oleh lidah orang Malang.

Oleh karena itu, lumpia Semarang di Depot Hok Lay ini memiliki saus yang tidak terlalu manis. Untuk bahan-bahan yang dipakai tidak jauh beda dengan lumpia Semarang yaitu berisi irisan rebung, wortel, dan ayam serta saus tauco.

Menu depot hok lay malang
Menu Depot Hok Lay

Jam Buka

Jam buka depot ini berbeda dengan depot lainnya, karena ada 2 sesi yaitu,

Sesi 1 09.00 WIB – 13.30 WIB

Sesi 2 17.00 WIB – 19.30 WIB

Depot buka hari Rabu – Senin, sedangkan libur pada hari Selasa.

Tidak ada komentar:

Our Teams

Follow Us

Our Review